ANALISIS PERTUMBUHAN Trichophyton mentagrophytes PADA MEDIA SABOURAUD DEXTROSE AGAR YANG DIBERI PENAMBAHAN BULU DOMBA GARUT (Ovis aries)

Dublin Core

Title

ANALISIS PERTUMBUHAN Trichophyton mentagrophytes PADA MEDIA SABOURAUD DEXTROSE AGAR YANG DIBERI PENAMBAHAN BULU DOMBA GARUT (Ovis aries)

Subject

Bulu domba Garut, Sabouraud Dekstrosa Agar (SDA), Trichophyton mentagrophytes, PARASITOLOGI

Description

ABSTRAK

Trichophyton mentagrophytes termasuk kedalam kelompok jamur yang menginfeksi manusia dan hewan. Jamur ini menyukai bagian tubuh yang mengandung keratin seperti kulit, rambut, kuku, bulu atau tanduk untuk pertumbuhannya. Kemampuannya untuk mempergunakan keratin merupakan faktor utama yang membuat kemampuan virulensinya cukup besar. Bulu domba mengandung kadar keratin yang tinggi, diantaranya adalah bulu domba garut. Tujuan penambahan bulu domba dalam media pertumbuhan jamur diharapkan dapat mempercepat waktu pertumbuhan, meningkatkan ukuran diameter, mempercepat perubahan pigmentasi dan mempercepat terbentuknya mikrokonidia dari Trichophyton mentagrophytes. Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan mengisolasi jamur Trichophyton mentagrophytes secara single dot pada media SDA yang diberi penambahan 10mg bulu domba kemudian diamati setiap 24 jam selama 7 hari. Hasilnya pada media SDA dengan penambahan bulu domba dapat menumbuhkan Trichophyton mentagrophytes pada hari ke-2, lebih cepat dibanding dengan pertumbuhan Trichophyton mentagrophytes di media SDA kontrol yang mulai tumbuh pada hari ke-4.

Creator

Penulis : NAWAAL SAALIMAH NUUR HIDAAYAH
NIM P17334112059
Penguji I : Entuy Kurniawan, S.Si, M.KM
NIP. 196811111992031001
Penguji II : Yayan Sofyan, S.Pd.
NIP. 196710071991021001
Penguji III : Yuliansyah Sundara Mulia, S Pd, M.Si
NIP. 196407111989021001

Publisher

POLITEKNIK KESEHATAN BANDUNG
JURUSAN ANALIS KESEHATAN

Date

2015

Format

PDF

Language

INDONESIA