HUBUNGAN ANTARA ASUPAN ENERGI, BODY IMAGE, DAN STATUS GIZI REMAJA PUTRI DI SMK NEGERI 7 BANDUNG

Dublin Core

Title

HUBUNGAN ANTARA ASUPAN ENERGI, BODY IMAGE, DAN STATUS GIZI REMAJA PUTRI DI SMK NEGERI 7 BANDUNG

Subject

GIZI MASYARAKAT

Description

Streotipe mengenai kurus itu cantik membuat remaja putri membatasi asupan makannya agar mendapatkan tubuh yang ideal. Dari data Studi Diet Total tahun 2014 rata-rata asupan energi remaja putri usia 13-18 tahun di Jawa Barat adalah 1664 kal yang masih kurang dari kecukupan energi yaitu 2125 kal, asupan energi yang kurang dapat berpengaruh terhadap status gizi orang tersebut. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi mengenai hubungan antara asupan energi, body image dan status gizi pada remaja putri.
Desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional dengan jumlah sampel sebanyak 79 siswi di SMK Negeri 7 Bandung berusia 14-16 tahun dengan metode pengambilan sampel proportional random sampling.
Hasil penelitian menunjukan terdapat 37 sampel (46,8%) memiliki body image negatif, terdapat 68 sampel (86,1%) memiliki asupan energi kurang, 8 sampel (10,1%) status gizi kurang dan 12 sampel (15,2%) status gizi gemuk. Berdasarkan hasil statistik didapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara body image dan asupan energi (p=0,002), ada hubungan yang bermakna antara body image dan status gizi (p=0,006), tidak ada hubungan yang bermakna antara asupan energi dan status gizi (p=0,2). Perlu dilakukan penyuluhan mengenai pedoman gizi seimbang bagi remaja agar kebutuhan energi dapat terpenuhi.

Creator

DWIKA OKTAVIANI PUTRI P17331114066
PEMBIMBING : DR. IR. OSMAN SYARIEF, MKM
PENGUJI 1 : WIDARTIKA, SKM.,MPH
PENGUJI 2 : WITRI PRIAWANTIPUTRI, SGZ.MSC

Publisher

POLTEKKES KEMENKES BANDUNG JURUSAN GIZI

Date

2017

Format

PDF

Language

INDONESIA

Type

KTI