HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GIZI, ASUPAN ENERGI, ASUPAN PROTEIN DAN KEJADIAN KURANG ENERGI KRONIS (KEK) PADA IBU HAMIL PENGUNJUNG PUSKESMAS IBRAHIM ADJIE KOTA BANDUNG

KTI_ASRI YULIANI.pdf

Dublin Core

Title

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GIZI, ASUPAN ENERGI, ASUPAN PROTEIN DAN KEJADIAN KURANG ENERGI KRONIS (KEK) PADA IBU HAMIL PENGUNJUNG PUSKESMAS IBRAHIM ADJIE KOTA BANDUNG

Subject

Gizi Masyarakat

Description

Kurang energi kronis (KEK) pada ibu hamil adalah keadaan ibu hamil kekurangan gizi yang berlangsung lama, disebabkan karena kekurangan atau ketidakseimbangan asupan energi. Faktor tidak langsung yang mempengaruhi keadaan gizi salah satunya yaitu pengetahuan tentang gizi. Akibat ibu hamil KEK salah satunya adalah ibu melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan gizi, asupan energi, asupan protein dan kejadian KEK pada ibu hamil pengunjung Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Sampel yang diambil sebanyak 34 orang dengan metode Accidental Sampling. Data dikumpulkan meliputi identitas sampel, pengetahuan gizi, asupan energi, asupan protein, dan pengukuran status gizi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan gizi dan asupan energi (p= 1,000), tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan gizi dan asupan protein (p= 1,000), adanya hubungan yang bermakna antara asupan energi dan kejadian KEK (p= 0,026), tidak ada hubungan yang bermakna antara asupan protein dan kejadian KEK (p= 1,000), dan tidak ada hubungan antara pengetahuan gizi dan kejadian KEK (p= 0,178).

Creator

Penulis : Asri Yuliani (P17331113022)
Pembimbing : Ir. Mimin Aminah, M.Kes
Penguji 1 : Gurid PEM.,SKM.,M.Sc
Penguji 2 : Yenny Moviana, MND

Publisher

Poltekkes Kemenkes Bandung Jurusan Gizi

Date

2016

Format

PDF

Language

Indonesia

Document Viewer