SIFAT ORGANOLEPTIK STICK TEPUNG KACANG HIJAU
(Vigna radiata) DAN TEPUNG BERAS HITAM (Oryza sativa L indica) DENGAN PERLAKUAN PENGGORENGAN DAN PEMANGGANGAN

COVER.pdf
ABSTRAK.pdf
BAB V.pdf

Dublin Core

Title

SIFAT ORGANOLEPTIK STICK TEPUNG KACANG HIJAU
(Vigna radiata) DAN TEPUNG BERAS HITAM (Oryza sativa L indica) DENGAN PERLAKUAN PENGGORENGAN DAN PEMANGGANGAN

Subject

Stick, Penggorengan, Pemanggangan, Karbohidrat, Serat, Indeks Glikemik, DM Tipe 2

Description

Latar Belakang: Prevalensi diabetes mellitus di dunia adalah 8,5% (1 diantara 11 orang dewasa menyandang diabetes). Angka kejadian diabetes mellitus di dunia adalah sebanyak 415 juta orang dewasa meningkat 4 kali lipat dari 108 juta di 1980an. Konsumsi pangan dengan indeks glikemik tinggi mempunyai hubungan yang signifikan terhadap kadar glukosa darah pasien DM tipe II, dimana pasien DM tipe II yang mengkonsumsi pangan indeks glikemik tinggi memiliki kadar glukosa darah yang tinggi. Contoh pangan dengan indeks glikemik rendah yang baik dikonsumsi pasien DM tipe II yaitu beras hitam dan kacang hijau yang bisa diolah menjadi stick.
Tujuan: Mengetahui gambaran sifat organoleptik stick tepung kacang hijau dan tepung beras hitam dengan perlakuan penggorengan dan pemanggangan.
Metode: Pengolahan stick tepung kacang hijau dan tepung beras hitam ini dilakukan dengan teknik pengolahan yang berbeda, yaitu penggorengan (P1) dan pemanggangan (P2). Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan jumlah sampel 30 orang panelis tidak terlatih. Pengumpulan data dilakukan dengan uji hedonik stick tepung kacang hijau dan tepung beras hitam.
Hasil: Stick tepung kacang hijau dan tepung beras P1 lebih unggul daripada P2. Persentase jumlah panelis yang menyukai rasa 43,3%, aroma 50%, warna 63,3%, tekstur 70%, dan overall 66,6%. Hasil analisa zat gizi pada stick P1 (penggorengan) yaitu energi 357,6 kkal, protein 8,2 gr, lemak 20,5 gr, karbohidrat 36,3 gr, dan serat 4,9 gr, sedangkan pada P2 (pemanggangan) yaitu energi 279,4 kkal, protein 9,1 gr, lemak 9,1 gr, karbohidrat 41,2 gr, dan serat 5,6 gr. Hasil analisis biaya stick tepung kacang hijau dan tepung beras hitam goreng yaitu sebesar Rp2827,1,- dan stick tepung kacang hijau dan beras hitam panggang yaitu sebesar Rp.2882,5,-. Perlu diperbaiki aspek keseragaman bentuk dan ketebalan stick karena mempengaruhi mutu dan tekstur dari stick yang dibuat dan untuk penelitian selanjutnya dapat diteliti lebih lanjut mengenai indeks glikemik untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, serta uji daya tahan penyimpanan dari stick tepung kacang hijau dan tepung beras hitam yang dibuat

Creator

FARAH KHAIRUNNISA LUTHFIYAH/ NIM P17331115008

Publisher

Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Bandung

Date

2018

Format

PDF

Language

Indonesia

Type

Karya Tulis Ilmiah

Document Viewer

Click below to view a document.